Aplikasi Analisis Butir Soal Uraian atau Essay Berbasis Excel

Aplikasi Analisis Butir Soal Uraian atau Essay Excel

Soal uraian atau soal essay merupakan jenis instrumen penilaian kognitif bagi siswa yang diisi dalam bentuk kalimat panjang maupun pendek. Sebagai instrumen penilaian yang akan membuahkan hasil belajar berupa nilai, tentu kedepannya nilai yang diperoleh siswa beserta soal yang diberikan kepadanya harus diuji, apakah valid atau tidak. Sehingga nantinya akan diperoleh kesimpulan apakah soal tersebut layak diberikan kembali pada siswa lainnya atau tidak.

Mengingat bahwa analisis terhadap soal itu cukup membutuhkan energi dan waktu, maka pasti akan dibutuhkan alat yang dapat membantu meringankan pekerjaan itu. Berdasarkan hal tersebut, kami akan membagikan aplikasi yang dapat digunakan untuk menganalisis soal dalam bentuk uraian (essay).

Tujuan dibagikannya aplikasi ini tiada lain sebagai ajang sharing file yang dapat membantu pekerjaan guru di sekolah, baik itu di SD, SMP, maupun di SMA. Selain itu, kami berharap aplikasi ini dapat berguna untuk semua guru mata pelajaran matematika, ipa, ips, pkn, geografi, biologi, fisika, kimia, bahasa inggris dan indonesia, seni budaya, dan mata pelajaran lainnya.

Cara menggunakannya cukup mudah. Bapak Ibu hanya perlu memasukkan data-data seperti jumlah soal, pedoman penskoran, dan skor setiap soal. Dari sana aplikasi secara otomatis akan mengolah data yang dimasukkan menjadi sebuah nilai akhir.

Selain itu, penggunaan aplikasi bisa untuk berbagai macam soal, seperti: soal ulangan (harian, UTS, UKK), ujian sekolah, dan USBN.

Selengkapnya:

0 Response to "Aplikasi Analisis Butir Soal Uraian atau Essay Berbasis Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel