Mekanisme Pengembangan Portofolio untuk Penilaian Siswa dalam KTSP

Mekanisme Pengembangan Portofolio untuk Penilaian Siswa dalam KTSP

Portofolio dalam pendidikan merupakan sekumpulan hasil pekerjaan siswa sebagai bentuk dari pelaksanaan tugas secara bersama oleh siswa dan guru atau masing-masing dalam rangka pencapaian tujuan belajar atau pencapaian kompetensi.

Portofolio merupakan komponen yang dapat digunakan dalam penilaian siswa, dan termasuk kategori instrumen penilaian kinerja siswa. Sebagai instrumen, portofolio berfokus pada sebuah dokumen kerja berupa produk (bukti dari pekerjaan siswa atau peserta didik).

Melalui portofolio, Guru dapat melihat perkembangan siswa-nya dalam segi berpikir, pemahaman, kemampuan untuk mengungkapkan suatu gagasan, sikap siswa terhadap pelajaran dan lain sebagainya.

Fungsi portofolio yaitu untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan langkah-langkah perbaikan terhadap proses pembelajaran jika masih terdapat kekurangan.

Keuntungan menggunakan portofolio yaitu:

  • Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut serta menilai dirinya sendiri, menunjukkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah (problem solving)
  • Memberi peluang kepada siswa untuk menggunakan nalarnya dan melakukan komunikasi aktif
  • Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan penyelidikan terkait portofolio yang ditugaskan
  • Memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat berkarya atau berkreasi.

Sekian pembahasan dari kami untuk memperkenalkan apa itu portofolio.

Selanjutnya..
Berdasarkan judul di atas. Melalui artikel ini windowbrain membagikan materi diklat kurikulum ktsp berupa file ppt (powerpoint presentation) mengenai serangkaian proses atau mekanisme tentang pengembangan instrumen portofolio untuk melakukan penilaian terhadap siswa.

Langsung saja..
Jika Ibu Bapak Guru menginginkan materi diklat tersebut untuk belajar dan mencoba memahami kurikulum ktsp lebih dalam maka Ibu Bapak dapat mendownload file ppt untuk materi tersebut melalui tautan berikut.

Semoga materi yang dibagikan dapat menambah wawasan kita semua mengenai cara mengembangkan instrumen portofolio untuk digunakan sebagai alat penilaian siswa dalam mengukur keterampilan-nya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel