Tentang Akreditasi Sekolah

Definisi akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah ialah suatu proses menilai kelayakan suatu sekolah atau satuan pendidikan secara menyeluruh atau komprehensif dan hasil dari proses tersebut akan berupa sertifikat sebagai tanda terakuinya kelayakan atau peringkat mutu pada suatu lembaga.

Dalam melakukan akreditasi sekolah, suatu sekolah harus memiliki instrumen akreditasi yang didasarkan pada standar penilaian akreditasi atau Standar Nasional Pendidikan. Ada 8 standar pendidikan yang selalu dijadikan tolak ukur dalam melaksanakan akreditasi. 8 Standar pendidikan itu meliputi standar isi, proses, SKL, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, SARPRAS, Pengelolaan, Pembiayaan, dan Penilaian.

Kedudukan Standar Nasional Pendidikan atau disebut juga SNP bagi sekolah diharapkan bisa menjadi penggerak, juga bisa mewujudkan iklim yang kondusif dalam proses tumbuh kembangnya pendidikan serta bisa mengarahkan sekolah-sekolah di Indonesia dalam hal evadir sekolah atau madrasah yang bersifat continyu atau berkelanjutan. Selain itu juga, SNP diharapkan bisa memberi stimulus bagi sekolah agar bisa mencapai mutu pendidikan nasional pada khususnya.

Semoga penjelasan tentang akreditasi sekolah ini bisa menjadi wawasan. Jika anda membutuhkan perangkat akreditasi untuk sekolah, silahkan bisa anda cari pada artikel yang lain pada web ini pada labels akreditasi.

Selamat beraktivitas kembali.

0 Response to "Tentang Akreditasi Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel