Aplikasi Analisis Karakteristik atau Gaya Belajar Siswa di Kelas

analisis karakteristik belajar siswa
Sumber gambar: pixabay.com
Aplikasi untuk meng-analisis karakteristik belajar siswa di kelas merupakan aplikasi berbasis excel, canggih, dibagikan dalam format .xls, dan dapat di download secara gratis.

Menganalisis karakter siswa saat belajar itu bukan perkara mudah. Jumlah peserta didik yang lumayan banyak, terkadang menjadikan konsentrasi guru tidak fokus. Akhirnya, sebagian besar proses analisis kurang maksimal.

Berbagai upaya dilakukan, termasuk menggunakan sarana lain untuk melakukan analisis karakteristik / gaya belajar para siswa di dalam kelas.

Berdasarkan itu, maksud kami menerbitkan posting ini adalah untuk berbagi aplikasi yang dimaksud di atas.

Sebelumnya mari kita belajar sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan karakteristik belajar dan gaya belajar apa saja yang dimiliki manusia (termasuk siswa).

Definisi
  • Gaya belajar adalah sesuatu yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada setiap manusia.
  • Berdasarkan Ilmu Psikologi Pendidikan yang dikemukakan oleh De Porter dan Hernacki tahun 2002, menyatakan bahwa: "Gaya belajar adalah kombinasi dari menyerap, mengatur, dan mengolah informasi".
Macam-macam gaya belajar siswa

Secara umum, dapat dibedakan menjadi 3 karakter:
  • Visual. merupakan gaya belajar yang cenderung berpotensi pada menyimak sesuatu secara visual (pandangan)
  • Auditori. yaitu gaya belajar yang dominan pada suara, artinya siswa lebih baik jika belajar dengan cara mendengarkan
  • Kinestetik. adalah gaya belajar yang membutuhkan lebih dari melihat dan mendengar, tapi juga melakukan gerakan-gerakan.
Jika Bapak atau Ibu sedang melakukan penelitian tindakan kelas terkait analisis gaya belajar siswa dapat menggunakan aplikasi analisis karakteristik atau gaya belajar siswa di kelas menggunakan excel.

Mungkin ini akan bermanfaat untuk Bapak & Ibu Guru terutama wali kelas yang ingin mengetahui karakteristik belajar yang dominan pada siswa Anda, sehingga setelah diketahui, kita dapat menerapkan apa strategi pembelajaran yang cocok untuk menyampaikan materi kepada mereka.

Apabila berminat memilikinya, silahkan download pada tautan berikut:
 

0 Response to "Aplikasi Analisis Karakteristik atau Gaya Belajar Siswa di Kelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel