Contoh PTK IPA Kelas 5 SD Semester 1 Alat Pernapasan dengan Model Picture and Picture

Berikut ini adalah Contoh PTK IPA untuk kelas 5 SD. PTK-nya hanya bisa digunakan pada semester 1. Ini kami sediakan khusus untuk Guru IPA yang ingin melakukan Penelitian Tindakan Kelas pada materi alat pernapasan. Model yang digunakan yaitu picture and picture. Anda bisa memperoleh contohnya diakhir posting dengan mendownloadnya dalam bentuk document (doc).

PTK adalah salah satu upaya bagi seorang guru untuk melakukan perbaikan pembelajaran dalam segi proses. Latar belakang dilaksanakan PTK yaitu karena adanya permasalahan siswa dalam belajar. Sehingga, melalui ini guru dapat menemukan solusi untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di kelas.

Contoh PTK IPA Kelas 5 SD Semester 1 Alat Pernapasan dengan Model Picture and Picture

 Di kelas 5, khususnya saat pembahasan alat pernapasan. Terkadang siswa sulit untuk menyerap materi pelajaran tersebut bila disampaikan dengan model pembelajaran yang kurang cocok. Oleh sebab itu, melalui model picture and picture ini guru bisa mencoba menerapkannya. Harapannya pembelajaran bisa lebih efektif, memperoleh hasil yang baik dan memuaskan. Sehingga akhirnya guru dapat menyimpulkan apakah penggunaan model ini cocok diterapkan pada materi alat pernapasan, atau tidak.

Tahukah anda apa itu Model Pembelajaran Picture and Picture?
Sesuai dengan namanya, model pembelajaran ini adalah sebuah pendekatan belajar dengan memanfaatkan gambar. Media gambar lebih difokuskan dalam menjalankan teknisnya. Kalau di jenjang lebih tinggi, ini hampir mirip seperti penggunaan alat peraga berupa gambar. Tak dipungkiri bahwa gambar merupakan salah satu media belajar untuk anak yang masih berpikir konkrit. Artinya, jika seorang guru menjelaskan atau mendeskripsikan suatu benda kepada siswa SD, itu artinya mereka akan kebingungan bila benda yang dibahas belum sama sekali dilihat. Nah, dengan bantuan model picture and picture, siswa akan lebih terbantu dengan cara visual ketimbang hanya mendengar saja.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, silahkan untuk melihat dulu rincian contoh PTK berikut:
  • Judul: PTK IPA Kelas 5 SD Semester 1 Alat Pernapasan dengan Model Picture and Picture
  • Struktur PTK: BAB I (Identifikasi Masalah, Analisis, Rumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian); BAB II (Kajian Pustaka); BAB III (Pelaksanaan Perbaikan: Siklus 1 dan 2); BAB IV (Hasil Penelitian dan Pembahasan); BAB V (Simpulan dan Saran).
  • Jumlah halaman: 30 Lembar
  • Cover: -
  • Format file: .doc 
Untuk mendapatkannya, silahkan download di bawah.


Semoga Contoh PTK IPA Kelas 5 SD Semester 1 Alat Pernapasan dengan Model Picture and Picture ini bermanfaat. Selamat bekerja dan sukses selalu.

0 Response to "Contoh PTK IPA Kelas 5 SD Semester 1 Alat Pernapasan dengan Model Picture and Picture"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel