Contoh SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) yang Baik dan Benar

Surat Perintah Perjalanan Dinas atau SPPD merupakan sebuah surat yang diberikan oleh pimpinan suatu lembaga kedinasan (seperti sekolah) kepada seseorang yang diperintahkan untuk menjalankan atau melaksanakan suatu tugas tertentu yang bersifat formal.

Di sekolah, SPPD dibuat oleh kepala sekolah yang ingin menugaskan guru, operator dan sebagainya, untuk berangkat atau melakukan tugas yang diberikannya itu, misalnya mengikuti kegiatan kedinasan seperti rapat, pelatihan, UKG, dan sebagainya. Dengan kata lain, SPPD berperan sebagai surat pengantar yang mengesahkan / melegalkan tugas orang yang diperintahnya agar ikut andil dalam kegiatan tertentu.

Berikut ini secara rinci manfaat SPPD:
  • Sebagai dokumen tertulis yang sah bagi pemegangnya
  • Sebagai bukti bahwa yang diperintahkan itu benar-benar mendapatkan tugas
  • Media penghubung antara pihak pemberi surat dengan penerimanya
  • Sebagai media konfirmasi untuk sekolah yang mengeluarkannya (maksudnya yaitu karena dalam surat terdapat kolom yang harus ditandatangani pihak penerima orang yang ditugaskan).

Jika melihat manfaat di atas, tentu SPPD memiliki peranan yang penting. Oleh sebab itu, maka setiap sekolah harus punya formatnya. Sehingga, saat surat ini dibutuhkan, maka Anda tidak perlu mencarinya lagi. Berdasarkan itu, maka saya akan membagikan contoh SPPD atau surat perintah perjalanan dinas. Contoh tersebut kami berikan dalam suatu file dengan format PDF.

Contoh surat yang kami bagikan dalam artikel ini diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat surat yang dimaksud agar pembuatannya lebih mudah.

Jadi, bagi Anda yang membutuhkan file pdf terkait SPPD yang kami maksud, Anda bisa mendownload file melalui tautan berikut.
Semoga contoh surat yang dimaksud di atas dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga sekolah kita dapat membuatnya dengan baik. Selamat bekerja kembali dan selamat membuat surat tersebut.

0 Response to "Contoh SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel